Home Care Stroke

HOME CARE STROKE


I. PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Stroke masih merupakan penyebab utama invaliditas – kecacatan sehingga orang tergantung pada orang lain pada kelompok usia 45 tahun ke atas dan angka kematian yang diakibatkannya juga cukup tinggi. Banyak upaya, penelitian, yang telah dilakukan oleh para pakar dalam bidang stroke ini, bagaimana cara mencegahnya, bagaimana cara mencegah agar tidak berulang sekiranya seseorang pernah mendapat stroke, bagaimana mengurangi kerusakan atau kematian yang diakibatkannya sekiranya stroke terjadi, dan bagaimana mengoptimasi keadaan pasien yang telah dikurangi kemampuannya oleh stroke, melakukan rehabilitasi.
Sebagian besar penderita stroke akan pulang ke rumahnya masing-masing. Hanya sebagian kecil yang masih memerlukan perawatan secara tetap di rumah sakit dan penderita ini cenderung merupakan manula yang usianya amat lanjut atau orang-orang yang sebelum mengalami stroke sudah mempunyai permasalahan jasmani atau mental lainnya. Sebagai contoh, penderita yang sebelumnya sudah demensia tidak akan memperlihatkan banyak kemajuan bila terkena serangan stroke. Keluarga penderita yang tidak dapat dibawa pulang ini perlumemikirkan penitipan penderita panti jompo dengn bantuan dari para pekerja sosial. Kadang-kadang saja ada penderita stroke yang harus tinggal di rumah sakit dalam untuk jangka waktu yang lama.
Sikap penderita ketika pulang dari rumah sakit berbeda-beda. Sebagian penderita ingin secepatnya pulang ke rumah dan kalau keinginan ini diperbolehkan, mungkit dapat timbul kesulitan akibat penderita dan keluarganya beum siap. Sebagai akibatnya, semangat mereka dapat merosot sekali. Akan tetapi, sebagian lagi enggan meninggalkan lingkungan rumah sakit yang memberikan pelayanan dan perlindungan, sekalipun merasa sudah siap pulang ke rumah. Penderita ini mengkhawatirkan berbagai resiko yang akan mereka hadapi di luar rumah sakit tanpa bantuan dan dukungan dari dokter, perawat serta ahli-ahli terapi lainya. Namun demikian, pada suatu resiko tersebut harus dihadapi dan hampir selalu penderita dapat mengatasinya jauh lebih baik daripada apa yang mereka sangka.
Seorang penderita stroke biasanya dapat dipulangkan ke rumah mereka sendiri bila suami atau istrinya masih adadan mampu merawatnya. Penderita yang sudah menduda atau menjanda ataupun penderita yang bujangan dapat saja pulang kerumahnya kalau ada anak-anak atau sanak saudara yang bersedia merawatnya. Akan tetapi di alam kehidupan modern ini di mana setiap orang mendambakan keluarga kecil dan banya pasangan suami istri yang dua-duanya berkerja, kemungkinan perawatan di rumah hampir mustahil dilaksanakan. Dalam keadaan seperti ini, biasanya seorang penderita stroke yang jompo akan dirawat dalam panti-panti jompo.
B. TUJUAN
Maksud dalam pembuatan TBR ini adalah untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang merawat pasien stroke setelah pulang dari rumah sakit.
C. MANFAAT
Untuk lebih meningkatkan pengetahuan dalam merawat penderita stroke di rumah sehingga dengan memberikan perawatan yang baik dapat mencegah terjadinya serangan stroke kembali dan dapat memberikan semangat hidup serta peningkatan mutu kehidupan penderita stroke di rumah dan dalam aktivitas sehari-hari.....

Download selengkapnya di sini

0 komentar:

Posting Komentar